Belajar Ligting dan Render

 

Kemarin saya mendapatkan projek dari pixel ninja buat environment secara realistic. Awalnya saya sangat antusias. Karena bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. saya pikir akan mudah. Ternyata setelah saya coba hasilnya cukup mengecewakan. Saya sudah menggunakan prinsip shader secara benar . tapi sayangnya setelah saya render saya tidak bisa mendapatkan gambar yang bagus seperti yang saya inginkan. Itu membuat saya sangat frustasi.

 

Beberapa waktu lalu secara tidak sengaja saya mendapatkan sebuah web binar dari kun kun tentang part yang mungkin hilang dari proses saya. Yaitu detail dan ligting. Saya sering melupakan detail karena hanya mengacu pada gambar secara garis besar padahal detail adalah yang membuat gambar menjadi terlihat realistic itu katanya. Sedangkan ligting, ternyata saya memang tidak bisa melakukan ligting secara benar sejak dlu. Selalu campur campur. 2d studio ada kursus buat membuat gambar jadi lebih realistic. Mungkin saya akan mengambilnya. Tapi biayanya 2 juta. Cukup malah bukan.  Semoga nanti tuhan memberikan rezeki untuk itu. Aminn

 

Oh iya dan tadi ada pernyataan yang cukup bagus dilontarkan oleh senior cg. Jika kita diberi pertanyaan lebih penting mana modeling, texture, ligting atau rendering ? dan jawaban beliau begini jika di beri pilihan lebih penting mana tangan atau kaki ? ya sama sama penting. Kalau modelingnya jelek sebagus apapun ligtingnya pasti jelek juga akhirnya. Setiap part dari proses punya bagian-bagiannya jadi tidak ada yang paling penting semua sama-sama mendukung bagian lain.

 

Dan satu lagi yang perlu di perhatikan dalam hasil render

1.       Story

2.       Detail (detail ini tidak hanya pada modeling saja tapi semua bagian baik itu texture maupun ligting )

3.       Punya mindset kegagalan ada bagian dari kesuksesan. Bukan seperti motivator maksud kalimatnya adalah dimana semakin banyak salah maka kita akan semakin banyak benar juga

 

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman KRS an yang pertama

30 Menit Sesi Akhir

Memasukkan Gambar Pada Eclipse